Senin, 10 Juni 2013

Hidup Itu Pilihan

"Hidup Adalah Pilihan" HAP HAP HAP :D
    Sebenernya istilah HAP ini udah ngga asing lagii buat kita semua, tapi sadar apa ngga ternyata banyak dari kita yang seolah olah ngga peduli dalam menjalani hidup ini "Bodo, gue mau gini ke' gitu ke' ya suka suka gue lah gue mau kuliah apa ngga" masalah buat lho. nah lho kena damprat deh ane jadinya :)



    Memang kadangkala kita sering dihadapkan dengan pilihan yang sulit. Contohnya itu kalo inget inget masa SMA/MA dulu pas  nentuuin masuk IPA atau IPS, suwer deh dilema banget itu waktu nentuinnya. Di satu
sisi pengen banget masuk IPA, maklumlah program baru di Pondok jadi agak giimana gitu jadinya walaupun eksak ane aga dombret atau jauh dari kata expert :). Pengalaman juga waktu nentuin mau lanjut kemana setelah beres dari ma'had.
LIPIA, Ar Raayah, Al Ahzar, STEI SEBI sampai IPB dan UNNES jadi target ane
Gue tulis tuh gede gede di tembok sama di langit langit kasur "POKOKnya Kuliah kudu BEASISWA titik segede kelapa". :)
    Alhamdulillah jadi semangat belajar apapun, eksak agama libaass asal jangan labaas prinsip ane.
Udah tuh semangat kan ceritanya ane nih belajar, kalo ngga ngerti matematika sama fisika buru buru deh ngedeketin si Adhan minta ajarin, kalo ngga tau ni maksud tafsir jalalain yang ayat ini langsung ngacir ke Rudi atau ke Koko, Syukur alhamdulillah ngga ada halangan yang berarti.
    Ane inget banget dulu pertama (semoga aja ngga jadi yang terakhir) ngisi kultum ba'da zhuhur di depan ade ade kelas. Sumpeh kaga ada persiapan pisan itu, orang setelah ngimamin si Rudi langsung wacau buat les UN, walhasil majulah ane setengah terpaksa karena ngga ada yang mau maju kakak kelas Tiga nya.
Mikir cepet deh ane "afwan Al Quran dong" nyuruh ade kelas ngambilin.Pas megang al quran itu ane inget setaun yang lalu percis kakak kelas ane ngisi juga n' kata katanya dia itu ngena banget di hati, dia bilang "Seorang nahkoda kapal yang hebat itu ngga lahir dari genangan air yang tenang, tapi seorang nahkoda yang hebat itu lahir dari gelompang pasang yang kuat". Spontan bukalah ane surah At Talaq ayat 2,4 sampai ayat 5

"....Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya"
"...Dan barangsiapa bertaqwa kepada Allah, niscaya Dia menjadikan kemudahan baginya dalam urusannya."
"...Barangsiapa bertaqwa kepada Allah, niscaya Allah akan menghapus kesalahan kesalahannya dan akan melipatgandakan pahala baginya"

Coba aja dulu udah nonton 3 Idiots ane masukin tuh kata kata aal iz well nya Ranchodas supaya anak anak nambah semangat. Akhirnya setelah teles kebess kata orang jawa mah, beres tuh ane kultum. Yes semoga ngga Gatot.
    Cerita dikit lagi deh waktu kelas sebelas dulu sempet kita kita nerbitin Buletin Sekolah gitu. Nah, disesi tokoh  kami ngambil salah seorang Ustadz buat jadi bintangnya, jiaahh ngga apa apadah buat seminggu jadi top speakingnya anak anak Pondok, apalagi Akhwatnya #eh
Nih sob satu pelajaran penting lagi yang masih ngelotok di Otak ane, ustadz W (sebut saja) bilang "Tunjukin diluar sana nanti kalo santri itu ngga cuma bisa ngaji sama sholat aja".Jebreett..udah kaya kegeleng bajaj ane kalo inget kata kata ini, simpel tapi dalem sampe ke ubun ubun. Kalo mikir sampe sekarang ini ane suka bertanya tanya "apasih sesuatu yang udah gue lakuin buat kampus gue ?"
    Bicara kampus nih sob ane punya banyak banget NANO NANONYA. Mulai dari mutusin buat masuk IPB sampai keinginan buat berkelana di luar sana, kalo di buat Novel bakalan seru kayanya #pede mode on :). Tapi seriusan kalo ade ade sekarang yang lagi pada GALAU mau lanjut kulah dimana setelah kuliah dan merasakan atmosfer dunia kampus tuh kaya apa pasti deh hayang balik dei kos kamari balajar ti maqdis,  entah kata alumni yang lain mah tapi kalo ane sih gitu. Susah sob mau nyari waktu buat hafalan lagi, boro boro nghafal, murajaah aja hese kacida. Kalo mau ini itu pasti keingetan "wah laporan fisika gue belom beres, makalah belom jadi, besok kuis entum, Analisis sosum ngga ngerti dsb. Walhasil satu lembar juga ngga dapet setiap minggunya, padahal cita cita ane ngga muluk muluk banget sob "cukuplah terus menghafal Quran ditemenin istri sholehah, tinggal dirumah sederhana di pinggiran desa" udah itu aja ngga usah yang aneh aneh kaya tinggal di rumah gedong pake mobil mobilan segala titik segede kelapa lagi hehe. Kembali ke laptop ya sob ! mau antum antum kuliah dimana aja saran ane satu aja yang paling mudah kayanya mengingat sikon didunia luar yang apa apa mudah didapet. Ngutip perkataan dosen "Ngga usah kalian berharap menjadikan Indonesia lebih baik dari sekarang, cukuplah kalian menjadikan Indonesia TIDAK LEBIH buruk dari SEKARANG". So..ibaratkan Indonesia itu adalah diri kalian sendiri dengan sifat dan perilaku serta kebiasaan kalian selama belajar di Ma'had Al Quran Wal Hadits. ya begiitulah ane harap kalian paham maksud ane, bukannya ane mencegah ini itu tapi menurut ane zona terbaik kalian adalah sekarang saat kalian tholabul i'lmi di Ma'had tercinta kita.
Wallahu A'lam

Selasa, 12 Juni 2013
Pukul 00:01
At Masjid Al Hurriyah, Institut Pertanian Bogor
Serpihan Mimpi
follow @andimnoor

0 komentar:

Posting Komentar